Jumat, 02 Desember 2011

Mengaktifkan Sudo/Root Untuk Desktop


siapa bilang di ubuntu desktop, kita tidak bisa login sebagai root. Nih buktinya. Kenyataannya bolo mruput bisa login ke ubuntu desktop dengan menggunakan root. Bagaimanakah caranya?? Mari kita simak bersama.
1. Aktifkan terlebih dahulu root di ubuntu bolo mruput. caranya, buka terminal. Lalu ketikkan
sudo su
setelah itu bolo mruput akan diminta password. Masukkan saja sembarang password. Password ini digunakan untuk password login sebagai root. (ingat!!! jangan sampai lupa passwordnya)
jika sudah boleh ditutup terminalnya.
2. Buka system==>administration==>login window


3. Pada tampilan "Login window Preferences" masuk ke tab "Security". Kemudian beri tanda centang pada "Allow local system administrator login.

jika sudah, tutup. Lalu Log out
4. Terakhir tinggal masuk aja sebagai root. Pada saat dimintai username, masukkan root. pada saat dimintai password, masukkan password pada langkah 1 diatas.
selesai. Mudah khan. semoga bermanfaat untuk bolo-bolo mruput semua. jangan menyerah. jangan ragu bangun pagi. bangun pagi, banyak rejeki.


NB: berhati-hatilah pada saat mengoperasikan Linux dengan menggunakan root. Mengapa?? Memang hak akses sebagai root tiada batas. Namun justru itu kekurangannya. Jika sembarangan dalam menggunakan root, bisa-bisa anda merusak file-file penting(bahkan system)di dalamnya. Saran saya, gunakan root hanya pada saat penting dan dibutuhkan saja. terimakasih.

sumber: http://adf.ly/3zSBD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar